×

Yakinlah Bahwa Jika Memang itu Panggilan-Nya, Semuanya Akan Mudah

Yakinlah Bahwa Jika Memang itu Panggilan-Nya, Semuanya Akan Mudah

Tidak berlebihan jika kami mengkatakannya demikian. Bukan hanya kesanggupan tata caranya saja, tapi ibadah Haji dan Umrah membutuhkan persiapan lahir-batin yang mumpuni, termasuk juga tata batin yang menyelimuti para jamaah.

Pernah suatu ketika, staff kami didatangi oleh seorang kawan lama yang menginginkan berangkat ke tanah suci pada tahun 2019. Rencananya dia akan berangkat dengan sang ibu. Maka jawabannya tak lain adalah mengambil haji khusus/haji plus.

Tim kami berusaha membantu untuk menguruskan visa haji, akomodasi pesawat dan hotel, plus juga maktab/tenda saat di arofah dan di mina.

Haji di tahun yang sama, ada dua kategori, Pertama, Haji dengan undangan langsung/haji furoda/visa undangan. Kedua, Haji menggunakan visa ziarah/kunjungan dengan mengajukan tasreh haji.

Teman ini akhirnya mengambil haji plus dengan kategori kedua. Alasannya karena pertimbangan harga. Namun jenis yang kedua ini mensyaratkan/mengutamakan untuk para jamaah dengan umur 60 tahun ke bawah.

Masalahnya muncul tatkala umur sang ibu melebihi batas umur 60 tahun. Disitulah perlu perlakuan khusus agar visa bisa keluar dengan tetap menggunakan haji plus jenis kedua.

Kawan, ibadah haji bisa kita katakana sudah dimulai sejak awal niat berangkat ke tanah suci muncul di hati. Kami meyakini, bahwa panggilan ini adalah hak preogratif Alloh SWT, dan hanya Dia-lah yang mengatur segala bentuk situasi dan kondisi yang akan memudahkan para jamaah ke tanah suci. 

Pondasi ini pula yang melandasi kami, alfathour, dalam melayani dan membantu proses jamaah haji/umroh yang akan berangkat ke tanah suci. Syukur Alhamdulillah kami di beri kelebihan untuk mengetahui semua detail birokrasi dan pengurusan izin, tapi semuanya itu akan jadi sulit tatkala memang tidak muncul kepasrahan dari sang jamaah terhadap apa yang kami lakukan. 

Kadangkala jamaah merasa tahu detail birokrasi, kami meyakini banyak juga jamaah yang juga memiliki channel dan pengalaman yang sama tentang pengurusan proses keberangkatan haji. Namun yang jadi kendala adalah, saat para jamaah hanya sekedar mengetahui/hanya berupa informasi, tapi buta akan realitas dan kondisi di lapangan. 

Misalkan dalam kasus yang kami hadapi, proses visa kunjungan ada satu fase yaitu perekaman biometri yang idealnya dilakukan di Jakarta. Kenapa di Jakarta, karena jika dilakukan di Surabaya, prosesnya akan lebih panjang karena dari Surabaya pun juga akan ke Jakarta lagi. 

Menikmati Setiap Detail Prosesi Ibadah

Kami meyakini bahwa haji juga membutuhkan kesiapan batin yang mumpuni. Termasuk juga memilih “panitia” yang amanah untuk menyambut tamu Alloh di tanah suci. Apalah arti uang dan biaya jika kemudian perhitungannya dipersulit. Siapapun akan terkesima dengan harga yang murah, tapi murah-mahal biarkan saja hati dan takdir yang menentukan. 

Kecurigaan terhadap biro haji dan umroh tentang harga, bisa jadi menjadi penghalang kita untuk khusyuk menjalankan ibadah di tanah suci. Alih-alih ingin mendapatkan harga yang murah, tapi kenikmatan ibadah menjadi taruhan utamanya. 

Logika ada harga ada rupa, sebenarnya tidak berlaku dalam ibadah haji jika memang niatannya benar-benar panggilan ke tanah suci dan kerinduan kepada Baitulloh. Yakinkan selalu bahwa setiap rupiah yang keluar adalah sarana untuk semakin mendekatkan diri ke Alloh SWT.

Tentu Anda perlu memilih biro haji yang berpengalaman dan memang benar-benar menjadi biro haji yang amanah. Saat ini, apalagi di dukung oleh regulasi dari pemerintah Indonesia, banyak biro haji yang memang benar-benar kapabel dalam menyambut tamu-tamu Alloh di tanah suci, salah satunya adalah alfathour.

Menyikapi Setiap Rupiah yang Keluar dalam Prosesi Ibadah Haji dan Umroh

Kami berharap, bahwa setiap satuan rupiah yang keluar dari pribadi Anda untuk melaksanakan Ibadah Umroh dan Haji adalah sarana untuk semakin mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Balik lagi ke panggilan dari Sang Kholiq tadi, jika memang sudah dipanggil oleh-Nya untuk berkunjung ke Baitulloh, maka tak ada satupun yang mampu menghalangi.

Kepasrahaan dalam menjalani setiap proses menuju tanah suci, sejatinya juga menjadikan semua prosesi itu terasa mudah dan gampang. 

Mudah untuk ditemukan biro haji yang amanah dan berpengalaman.

Dimudahkan untuk semua akomodasi dan proses birokrasi menuju tanah suci.

Dipermudah pula untuk urusan rejeki dalam setiap rupiah yang keluar untuk mendekatkan diri kepada Alloh.

Dimudahkan pula hati untuk lapang dan yakin bahwa setiap prosesinya adalah semata menjadi sarana mendekatkan diri pada Ilahi.

Ibadah Haji dan Umroh adalah Ibadah yang Lengkap

Bukan hanya persoalan tata dhzahir, tapi juga tata batin sang jamaah akan dengan sendirinya diarahkan oleh Alloh SWT. Bahwa ada persiakapan dan mentalitas khusus untuk menjalankan rukun islam kelima ini. 

Dengan izinnya pula sang jamaah akan dijauhkan dari kesulitan-kesulitan finansial, akan datang pula rejeki yang tak disangka-sangka, pun juga ditata hatinya agar loman, ikhlas, dan lurus untuk memenuhi panggilan-Nya.

Dan terakhir, semoga saja panggilan Anda ke tanah suci, menjadi panggilan yang benar-benar membawa perubahan dalam hidup Anda.

Tiada yang lebih indah jika kami, alfathour, bisa menjadi wasilah Anda untuk memenuhi panggilan Alloh ke tanah suci. 

Apa Kata Mereka

Abu Rumaisha

Syukur Alhamdulillah... semoga perjalanan menuju Baitullah yang sudah terlampaui menjadi tambahan ibadah yang diridhai Allah SWT. dan bagi Alfath Putra Tour Surabaya semoga pekerjaan melayani kami para jamaah menjadi amalan ibadah.. SUKSES dan TETAP BERKUALITAS dalam PELAYANAN

Abu Rumaisha